Cloud Computing dalam dunia Pendidikan

Cloud Computing atau yang biasa dikenal dengan komputasi awan, pada postingan sebelumnya telah dijelaskan mengenai pengertian cloud computing dan penjelasan mengenai cloud computing itu sendiri. sebagai pengingat kembali apa itu cloud computing, sebelum kita membahas cloud computing dalam dunia pendidikan, belum di jelaskan juga pada artikel tentang pengertian cloud computing sebelumnya, sebagai tambahan cloud computing dengan terdiri dari dua kata yaitu cloud yang artinya awan memiliki metafora sebagai internet, kemudian computing memiliki arti sebagai kegiatan computing atau komputasi. sehingga dengan cloud computing ini kita dapat melakukan komputasi dengan bantuan internet, sehingga kita dapat akses kapan pun dan dimanapun, sehingga muncul layanan-layanan dalam bidang-bidang serta instansi tertentu yang memanfaatkan cloud computing ini tidak terkecuali dalam dunia pendidikan yang akan kita bahas di sini.
Idenya mudah saja, dalam cloud computing ini, suatu instansi atau lembaga tertentu memiliki fasilitas yang melayani para user sebagai anggota tidak hanya dalam segi informasi, namun beragam aplikasi juga dapat di akses oleh user dimanapun dengan internet. ide tersebut di implementasikan dalam dunia pendidikan sebagai jalan keluar serta alternatif untuk menyelesaikan masalah- masalah dalam dunia pendidikan seperti daya tampung terhadap jumlah siswa atau mahasiswa yang kurang memadai, kemudian kendala ekonomi bagi murid atau orang tua murid untuk menyekolahkan anaknya, dan kendala kurangnya tenaga pengajar atau guru.


Solusi ini sering disebut dengan Cloud Education, dimana dengan  Cloud Education ini, Siswa tiddak perlu hadir langsung ke kelas, namun cukup dengan virtual class saja,  dan juga pengajar tidak terbatasi dengan tempat dan waktu. Salah satu contoh Cloud Computing dalam dunia pendidikan adalah kerjasama Microsoft dengan PesonaEdu iLearning untuk mengajarkan pendidikan tentang teknologi awan (Cloud) di Sekolah, Microsoft sebagai salah satu penyedia Cloud memiliki produk-produk yang lengkap. Dari mulai Cloud untuk infrastructure sampai Cloud untuk collaboration. Salah satu teknologi Cloud untuk collaboration yang dimiliki Microsoft adalah Live@EDU. Microsoft Live@Edu adalah sebuah teknologi kolaborasi berbasis Cloud untuk institusi pendidikan yang didalamnya terdapat e-mail, online storage, dan office web App. Dengan menggunakan live@edu, sekolah dapat memiliki e-mail dengan domain sekolah itu sendiri tanpa harus melakukan konfigurasi sendiri disisi server. Selain itu, tiap siswa akan mendapatkan e-mail dengan ukuran 10 GB, penyimpanan online dengan kapasitas 25 GB dan juga Office web app yang bisa diakses dari/ke manapun dan kapanpun tanpa harus menginstall aplikasi tertentu, cukup menggunakan web browser.

Gambaran diatas mungkin hanya merupakan gambaran umum sebagai contoh seperti yang dilakukan Microsoft, namun, tidak perlu jauh-jauh, di Indonesia dalam dunia pendidikan khususnya kini juga sudah mengedepankan aspek IT dalam mengembangkan mutu pendidikan sekolah, salah satu contohnya yaitu dengan pendaftaran online siswa baru, kemudian share informasi dan data, seperti nilai, jadwal dan kalender akademik melalui Internet dengan situs pribadi siswa sebagai anggota dalam jejaring sosial pribadi sekolah, (seperti studentsite di gunadarma), serta Vclass itu sendiri.

Kemudian bagaimana Arsitektur dan diagram konseptual cloud computing itu sendiri? perhatikan gambaran di bawah ini




sebenarnya ini sudah dijelasakan dalam postingan sebelumnya, idenya terdapat front end dan back end dalam arsitektur cloud computing tadi, front end yakni apa-apa yang di lihat user atau pengguna, kemudian back end yakni terdiri dari server, hardware, dan penyimpan data. selain itu terdapat penyedia jasa sebagai orang ketiga sebagai penyimpan data cloud computing secara virtual, nah dengan kesempatan inilah beberapa perusahaan mengambil kesempatan untuk melebarkan sayapnya ke bidang cloud computing, seperti apa yang di lakukan microsoft tadi contohnya.

Sumber :
http://it-solution-student.blogspot.com/2012/03/cloud-computing-di-bidang-pendidikan.html

3 komentar:

  1. Makasih sob udah share, blog ini sangat membantu saya sekali .......................



    bisnistiket.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, thx bro udah ngunjungin blog ane, share dan baca artikel ane yang laen y broo

      Hapus
  2. Terimakasih atas artikel nya yang sangat membatu dan membuat saya menjadi paham apa itu Cloud Computing..
    Cek juga ya paket internet unlimited termurah nya yaa, pasti sering boros dalam pemakaian internet nya, biar gk boros cek disini yaa..

    BalasHapus

ATDS Creativemedia © | ATDS Articles