Apa itu CSS?


Apa itu CSS?, kemudian apa kegunaannya? dan bagaimana sih CSS itu? pasti itulah yang ada dibenak kita bagi yang belum mengenal CSS. Baiklah, kita akan membahas tentang CSS sekarang.
CSS (Cascading Style Sheet) merupakan salah satu bahasa pemrograman web  untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. Sama halnya styles dalam aplikasi  pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa file. Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTMLdan XHTML.
Nama CSS didapat dari fakta bahwa setiap deklarasi style yang berbeda dapat diletakkan secara berurutan, yang kemudian membentuk hubungan ayah-anak (parent-child) pada setiap style. CSS sendiri merupakan sebuah teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996. Setelah CSS distandarisasikan, Internet Explorer dan Netscape melepas browser terbaru mereka yang telah sesuai atau paling tidak hampir mendekati dengan standar CSS.
Itu tadi penjelasan CSS secara singkat dan dalam bahasa yang formalnya yang bisa kita temukan di google, tetapi bahasa mudahnya, CSS digunakan untuk memperindah tampilan sebuah halaman web, yakni dengan melakukan desain pengaturan tampilan dalam setiap sudut, maupun bagian dari sebuah halaman web tersebut.
Misalnya, saya melakukan desain web menggunakan CSS, seperti untuk background bergradasi warna biru hitam, header dengan warna hitam dan content berwarna putih, pengaturan text content, footer yang berwarna krem, itu semua di atur dalam CSS.
Nah, sudah terbayangkan CSS itu seperti apa?, CSS menggunakan tag <style> dan ditutup </style> lalu dalam codingannya bentuknya seperti berikut
selector { property : value;}
misalnya : h1 { color:#000000;}
kemudian isinya sebagai pengaturan komponennya diletakkan didalam kurung kurawal { } atau biasa disebut declaration yang mana terdiri dari property dan value.
CSS bisa dituliskan dengan tiga (3) cara yaitu
Internal
yaitu langsung disisipkan didalam tag <head></head>. Untuk menyisipkan di dalam tag head harus diawali dengan tag <style type=?text/css?></style>
External
menggunakan file external, artinya script css ditulis dalam file tersendiri dengan akhiran .css. dan sisipkan file ini di dalam tag <head> dengan cara seperti ini <head><link rel=”stylesheet” href=”css/style.css” type=”text/css” /></head>
Inline
yakni langsung pada tag yang bersangkutan, misalkan <div style=?bla-bla?></div>.
Dari 3 cara diatas, developer bebas memilih cara yang mana saja karena bersifat optional, untuk halaman web AIR Team ini sendiri menggunakan cara internal, yakni meletakkan di dalam tag <head></head> dan menggunakan class selector sebagai penyimpan informasi kostumisasi dan dipanggil dalam tag <body> dengan menggunakan tag <div>.
Misalnya untuk gradasi warna background biru yang menggunakan file gambar body_bckg.jpg codingannya sebagai berikut
.all {background:url(body_bckg.jpg) repeat-x #010B0C;}
Lalu .all sebagai class akan digunakan pada tag <body> dan dipanggil dengan
<div class="all">
dan ditutup dengan </div> sehingga tercipta sebuah background dengan gambar body_bckg.jpg dengan pengulangan kesamping.
itu tadi secara tidak langsung kita telah membahas penggunaan class pada CSS, ada juga penggunaan id, yaitu jika clas menggunakan tanda "." (titik) sebelum selector, maka id menggunakan tanda "#" sebelum selector dan dipanggil dengan <div id=" "></div>.
Keuntungan Penggunaan CSS yaitu kita bisa mengkostumisasi halaman web hanya dengan merubah codingan CSS tanpa harus merubah codingan halaman web satu persatu sehingga menjadi lebih praktis.
Kekurangan dari penggunaan CSS yaitu tidak semua browser mengartikan kode CSS dengan cara yang sama. Jadi kadang-kadang, tampilan web dengan CSS terlihat baik di browser yang satu, tapi berantakan di browser yang lain. Jadi anda harus memeriksa tampilan supaya terlihat baik di semua browser dan menambahkan kode-kode khusus browser tertentu jika memang dibutuhkan agar tampilan web anda terlihat baik di semua browser.

0 komentar:

Posting Komentar

ATDS Creativemedia © | ATDS Articles