Garis Asap putih Seperti Awan dari Pesawat

Sudah berapa kali, sejak masih kecil, satu waktu melihat sebuah pesawat yang terbang tinggi sekali dan membuat garis putih di belakangnya membentuk awan, yang saya tau waktu itu dalam benak saya adalah sebuah roket yang melintas di langit, terkadang terlintas di benak saya untuk mencari tahu dimana pesawat itu mendarat, mungkin di Halim atau Soetta? maklum, karena waktu itu saya masih kecil.

Namun pemikiran saya sejak masih kecil itu tidak dibarengi rasa ingin tahu apa yang menyebabkan asap awan putih tersebut diatas, memang saat itu saya selalu bertanya dengan orang sekitar apa asap putih panjang tersebut? lalu jawaban yang saya dapatkan "ooh, itu mah Pesawat jet lagi bikin awan" ujar salah seorang teman saya, saat saya masih kecil tapi, kemudian dewasa ini rasa ingin tahu saya tergali lagi setelah saya dapatkan jawaban dari seorang bapak-bapak yang saya kenal, beliau berkata "Itu Pesawat dari luar negeri, dia kasih kode untuk melintas di Indonesia dengan asap itu, setelah mendapat ijin melintas".
Pertanyaan yang muncul dari benak saya, apakah benar pernyataan bapak-bapak tadi? lalu saya cari tahu dari beberapa sumber yang terpercaya bahwa pernyataan bapak itu salah. 
Bahwa Asap putih yang membentuk garis panjang bak roket itu adalah fenomena alam biasa yang disebut kondensasi, yaitu gas buang pesawat yang membeku karena berada di sebuah ketinggian yang sangat tinggi dan suhu yang dingin mencapai -50 derajat celcius, Asap tersebut dinamakan Contrail atau jejak Kondensasi. gas buang berupa Hydrocarbon, lalu karena berada dalam suhu yang sangat dingin maka gas buangan hidrogen yang bercampur dengan oksigen ini terkondensasi menjadi butiran es dan membentuk awan cirrus.
Dari penjelasan tadi maka jawaban yang saya dapat dari teman saya dan orang-orang sekitar saya ada benarnya, memang benar itu adalah pesawat jet, tetapi karena image saya yang masih kecil jet adalah seperti pesawat tempur maka itu adalah salah, padahal pesawat jet bisa saja berbentuk seperti pesawat penumpang biasa, dengan kemampuan lebih. kemudian jawaban dari bapak-bapak diatas, sepertinya tidak perlu kode seperti itu, cukup dengan izin langsung ke pertahanan militer udara indonesia karena teritorinya akan dilintasi, toh kalau tidak mendapat izin kan akan ditangkap juga oleh militer kita. 
wajar kalau peristiwa asap putih jet tersebut biasa terjadi di pagi hari yang suhunya lebih dingin dan dalam cuaca yang cerah bisa terlihat membentuk awan.

0 komentar:

Posting Komentar

ATDS Creativemedia © | ATDS Articles