Sekilas tentang CGI


CGI (Common Gateway Interface) yang merupakan Antarmuka atau sebuah interface untuk menjalankan program dari luar, software atau gateway dari server. CGI juga merupakan sistem program untuk Web CGI yang ditulis dalam bahasa program Perl , Perl merupakan singkatan dari Practical Extraction and Report Language, dibuat oleh Larry Wall. Perl adalah bahasa interpreter sekaligus kompiler, artinya Perl akan mendeteksi setiap baris untuk mencari syntax error sebelum program dijalankan.
CGI juga merupakan himpunan protocols (aturan) yang memungkinkan client web menjalankan program - program di server web dan memperoleh hasilnya.
Interface ini telah digunakan oleh WWW sejak 1993. Bekerjanya CGI secara umum adalah seperti : client web (pengguna) memasukan masukan data (bila dibutuhkan, beberapa program CGI tidak membutuhkan masukan, seperti contohterdahulu), yang dikirim ke server berlandaskan beberapa protocol. Server menampung masukan, lalu menyalurkannya ke program CGI. Kemudian program CGI dijalankan (mis: mengirim e-mail atau menjalankan program pelacak (search).

Kelebihan CGI

  1. Skrip CGI dapat ditulis dalam bahasa apa saja, namun barangkali sekitar 90% program CGI yang ada ditulis dalam Perl.
  2. Protokol CGI yang sederhana, serta
  3. Kefasihan Perl dalam mengolah teks, menjadikan menulis sebuah program CGI cukup mudah dan cepat.
Meski tertua, hingga saat ini menurut survei dari Netcraft sekitar 70% aplikasi di web masih menggunakan CGI. Ini berarti, lebih dari separuh situs web dinamik yang ada dibangun dengan CGI.
Kelemahan CGI
    • Kecepatan (skalabilitas).
    • Untuk menghasilkan keluaran program CGI, overhead yang harus ditempuh cukup besar.
    Langkah-langkah Pembuatan Program Sederhana :
    1. Pertama-tama pemakai melalui browser meminta Formulir Isian HTML ke server.
    Permintaan disalurkan ke server.
    2. Server mencari dokument yang diminta di situs html dan mengirimnya ke browser.

0 komentar:

Posting Komentar

ATDS Creativemedia © | ATDS Articles