Mobile Computing

Mobile Computing, mungkin sedikit terdengar asing bagi beberapa dari sebagian kita,  namun inilah kenyataannya, perkembangan teknologi memang terus melaju cepat, sehingga hal yang dianggap sangat canggih dan luar biasa modern yang tadinya hanya ada dalam angan-angan akan kini jadi kenyataan dalam kehidupan manusia.


Pada Pengantar Komputasi Modern kali ini saya akan membahas tentang mobile computing, apa itu mobile computing? mungkin jika kita lihat dari kata per kata kita sendiri bisa mengartikan kata mobile computing tersebut, mobile berarti berpindah-pindah dan Computing yaitu penggunaan komputer, berarti penggunaan komputer dengan berpindah-pindah? bukan begitu juga, nih pengertian resmi dari wikipedia yang saya kutip "Mobile computing: being able to use a computing device even when being mobile and therefore changing location. Portability is one aspect of mobile computing" kalau bahasa mudahnya yaitu mobile computing adalah penggunaan teknologi perangkat komputer atau kegiatan computing dapat dilakukan jarak jauh yang tidak terhubung secara fisik yang dapat dilakukan secara mobile atau sedang berganti-ganti posisi.

Berangkat dari penjelasan diatas terlintas di benak kita beragam perangkat portabel yang dapat kita gunakan dalam kondisi mobile atau berpindah-pindah, memang benar, contoh perangkat dari mobile computing adalah perangkat portabel seperti komputer portabel, smart phone, PC tablet, PDA, dan lain-lain. 
Idenya Mobile Computing memudahkan penggunanya dalam melakukan beragam aktivitas yang masih ingin melakukan Computing meski dalam kondisi mobile atau berpindah-pindah.

Mobile Computing tentunya memerlukan mobile data communication, sebagai pendukung komunikasi jarak jauh agar dapat terhubung satu sama lain, dan sharing informasi. misalnya seperti koneksi Wi-fi, EDGE, 3G HSDPA hingga 4G, tentunya mobile data communicationnya tidak menggunakan kabel atau nirkabel, berbeda dengan komputer konsol di kantor ataupun rumah.

Mobile Computing sangat berguna sekali bagi para pengguna perangkat mobile computing, namun terdapat kekurangan mobile computing bagi para penggunanya, seperti,

>>Koneksi Internet yang kadang kurang memuaskan :
dibandingkan dengan komputer konsol biasa yang terdapat di kantoran maupun rumah yang memiliki jaringan yang terhubung dengan internet dengan kecepatan yang memuaskan, namun pada mobile computing meskipun memiliki koneksi 3g HSDPA dengan kecepatan yang memuaskan pula, namun memiliki rentang yang terbatas sehingga menjadi kurang memuaskan penggunanya

>>Konsumsi Tenaga Sumber daya
Perangkat Mobile Computing butuh memakan banyak tenaga seperti baterai karena kegiatan mobile computing memerlukan baterai dan sangat mengharapkan pengisian sumberdaya dengan mencharge kembali sumber daya tersebut, sehingga sumber tenaga tidak dapat bertahan selamanya dalam kita sedang keadaan mobile.

>>Gangguan Signal
Memang tidak diragukan lagi yang satu ini menjadi kendala besar bagi pengguna perangkat mobile, tentu tidak semua daerah memiliki Transmisi yang baik, tidak semua daerah terjangkau oleh BTS yang terpasang oleh provider, sehingga gangguan signal selalu menjadi momok pengguna perangkat mobile computing.

>>Interface / Antarmuka design yang kurang nyaman
Pengguna perangkat mobile umumnya mengeuhkan interface ataupun design yang kurang ergonomis bagi penggunanya, seperti layar atau keypad serta tombol layar yang kecil atau perangkat yang terlalu besar dan sebagainya.

>>Menyebabkan Terjadinya Kecelakaan
Banyak Kecelakaan terjadi karena penggunaan perangkat mobile computing dengan tidak menaati peraturan lalu lintas maupun aturan yang telah berlaku, karena terlalu asik dengan perangkatnya sehingga mengabaikan keselamatan diri dan orang lain.




Sumber >>  http://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_computing

0 komentar:

Posting Komentar

ATDS Creativemedia © | ATDS Articles