Cloud Computing


Cloud Computing atau Komputasi Awan dalam bahasa indonesianya berarti Penggabungan pemanfaatan komputasi dan internet sehingga disebut komputasi awan, komputasi berarti pemanfaatan teknologi komputer, dan awan sebagai pemafaatan internet sebagai pembentuk jaringan komputer. sehingga dengan Cloud Computing setiap Komputer atau Perangkat yang terhubung dengan Internet dapat menggunakan teknologi Cloud Computing yakni beragam aktivitas komputasi biasa pada perangkat komputer namun dapat digunakan dengan akses internet.

Komputasi awan merupakan sebuah konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud.

>>Dalam dunia bisnis idenya dari Cloud Computing ini adalah merupakan kesempatan langkah dari para perusahaan untuk memanfaatkan teknologi cloud computing ini untuk meminimalisasi biaya pembuatan server biasa yang cukup mahal kemudian beralih ke pemanfaatan cloud computing ini kepada penyedia jasa IT melalui Cloud Computing ini untuk meminimalisasi biaya itu tadi. dengan membentuk jaringan internal sebuah perusahaan dengan membentuk jaringan komputer yang terhubung internet dengan jaringan ini selalu  tetap terhubung meski dalam jarak jauh dan sistem keamanan yang dijaga ketat bagi setiap perusahaan, layaknya jaringan lokal yang terdapat pada perkantoran.

Penyedia jasa IT memberikan penyewaan kapasitas data sesuai yang disewa perusahaan, kemudian membangun jaringan, dan membentuk aplikasi sebagai pendukung berjalannya kelancaran perusahaan tersebut yang hanya dapat diakses oleh anggota perusahaan tersebut.
Pertanyaan yang timbul berikutnya yaitu bagaimana cara mengadopsi cloud computing? caranya yaitu ada dua cara yakni cara tradisional dan cara langsung. cara tradisional yaitu dengan melakukan transformasi secara bertahap dan cara langsung yaitu merupakan berpindah ke teknologi cloud computing.

Dengan demikian Cloud Computing memiliki beberapa kelebihan bagi perusahaan yang ingin mengadopsinya yakni
--dengan cloud computing perushaan dapat melakukan bisnisnya tanpa investasi awal, tanpa cloud computing mungkin awalnya kita butuh modal besar untuk membeli hardware pembangun jaringan, tetapi dengan cloud computing kita hanya menyewa saja yang artinya otomatis perusahaan mengubah biaya modal menjadi biaya operasional.
--dengan cloud computing, bisnis kita dapat kita gunakan sesuai kebutuhan, yang artinya terdapat kelenturan dan mudah dikembangkan.
--dengan cloud computing fokus perusahaan jadi lancar ke arah bisnis, tidak lagi kepada IT, yakni yang awalnya selalu memikirkan biawa pembangunan dan pemeliharaan IT yang besar, namun dengan cloud computing biaya tersebut dapat dikendalikan dan diminimalisasikan.

>>Sebagai User biasa, teknologi cloud computing dapat dimanfaatkan misalnya sebagai virtual storage, yang terkenal seperti google drive, 4shared, dan lainnya. sebagai penyimpan data hingga sharing data. seperti untuk membackup data, kita tidak butuh harddisk berkapasitas besar, kita hanya membutuhkan koneksi internet untuk menyimpannya, dan untuk sharing data kita dapat mendownload data yang dapat diunduh langsung, hanya dengan menggunakan koneksi internet.

Jadi dengan adanya Cloud Computing ini dapat dimanfaatkan bagi perusahaan untuk beralih ke cloud computing, sementara, hal ini yang masih menjadi tren pembicaraan. sementara pemanfaatannya sebagai data storage biasa bagi user yang membutuhkan masih kurang menjadi pembicaraan yang menarik.







0 komentar:

Posting Komentar

ATDS Creativemedia © | ATDS Articles