Penipuan VIP Life, Phising, dan grup komisi

Siapa sih diawal tahun ini yg ga butuh duit? beragam cara dilakukan untuk penghasilan tambahan.

akhir-akhir ini lagi ramai penipuan tentang grup komisi, namanya VIP Life. (kemungkinan besar mereka akan ganti2 namanya, karena ketauan penipuan).

kronologinya begini

Pertama-tama ada yg menelpon, pas diangkat suaranya khas banget penipuan shopee dulu, wkwkwk kayanya orang yg sama dari tahun ketahun logat sumatra yg khas dan masih ga fasih juga dalam customer service, nanti setelah dia telpon, dia minta berlanjut via whatsapp

kemudian kita akan di wa oleh cs mereka, misal kita pertanyakan legalitas dan apakah ini real bukan penipuan, dy lalu memberi alamat kantor, sertifikat PSE bahkan BI, ini yg bikin iman goyang nih, seakan original, tampilannya begini 

Sertifikat BI atas VIP Life (Sudah dikonfirm pihak BI bahwa ini adalah HOAX) (gbr : Penipuan VIP Life)


Sertifikat Abal-Abal Bawa-bawa PSE Asing Payoneer (gbr : Penipuan VIP Life)


dari Foto ini membuat keyakinan kita bahwa ini penipuan mungkin akan goyah sedikit, apalagi jika googling tidak ada data mengenai ini valid atau tidak kecuali tanya langsung pada instansi terkait.

Jika kita sudah yakin, maka selanjutnya CS akan memberikan Link Web aplikasinya http://t-vip.shop , untuk kemudian kita membuat akun disana, berhenti sejenak, lalu saya scan link tersebut menggunakan virus total, dan didapati hasilnya bahwa link itu adalah phising, namun karena saya penasaran dan demi konten agar tidak ada yg tertipu, saya lanjut buka link tersebut via Laptop.

Sangat buruk web Aplikasinya jika dibuka di Laptop, programmernya mengambil contoh aplikasi luar dari china dan tidak mengoprek dengan baik, kemudian saya buat akun dengan identitas palsu, dan coba sign in.

seketika itu cs bertanya dan transfer point palsu sejumlah 15rb di saldo aplikasi tersebut. kemudian CS mengarahkan untuk Join grup Whatsapp bernama "Grup Penghasil Komisi", lalu saya join, disana tidak bisa chat, hanya admin yg bisa chat, dan dijelaskan oleh adminnya, nanti bisa chat jika sudah berhasil dapat komisi, dan foto bukti transfer komisinya. jadi isi grup tersebut adalah bukti keberhasilan jika bergabung, topup dan melakukan tugas dari mentor team vip life.

berikutnya saya dihubungi mentor dengan WA berbeda, saya diminta untuk mengerjakan tugas, berikut adalah mengenai tugasnya :


Tugasnya 

Tugas dari Aplikasi ini adalah 

Pilih Level Tugas  dimana tiap tugasnya berisi langkah2nya : 
1.Top up Saldo sebesar nominal yg ditentukan misal level 1 50rb, hingga lv 30 senilai puluhan juta
2. Lakukan Pembelian Barangberupa klik tombol palsu dan akan ada animasi seolah2 melakukan pembelian barang (padahal tidak ada aktivitas itu disana).
3. Jika sudah melakukan no 2 tadi, maka saldo akan bertambah ditambah komisi, sesuai keterangan pada tugas.


Misi pada VIP Life (gbr : Penipuan VIP Life (Misi-misi))



karena saya sudah riset mengenai kasus serupa dengan pengalaman serupa, dan nama berbeda, saya mengorbankan untuk transfer 50rb untuk melakukan tugas pertama, dan saldo saya jadi 75rb berupa saldo.

namun sesuai perkiraan saya, saat dipandu untuk menarik saldo ke rekening bank, yg mana diminta masukkan rekening bank pada aplikasi tsb, saya masukkan asal semula, dan tidak ada API yg menyambung ke Bank terkait layaknya aplikasi umumnya, (artinya disini kita bisa masukkan akun Bank asal-asalan yg berarti aplikasi itu jelas phising). oke saya masukkan saja akun bank asli.

kemudian saya tarik saldo 75rb tadi, dan benar saja, tidak ada penambahan pada akun bank saya, lalu saya protes pada mentor maupun CS, namun dy berniat membantu di kemudian hari (kebetulan sudah jam 10 malam).

benar saja jam 8 pagi mereka wa lagi, pandu tarik saldo sebagaimana cara saya tarik saldo kemarin, dan dan mereka mentransfer ke rekening yg saya input tadi sebesar 75rb rupiah.

Fix, dari sini saya sudah dapat membaca modusnya sesusai yg saya riset dari pengalaman lainnya, jika saya lanjutkan, saya diminta ke tugas2 level berikutnya transfer hingga nominal besar, dan ujungnya mereka tidak akan mentransfer hasil komisinya.

Jadi dalam penipuan kali ini saya dapat untung sebesar 25rb rupiah, wkwkwkwk, mereka memang modal dalam penipuan ini, untuk mendapat untung dari yg tertipu lebih besar, dari pengalaman para korban rata2 jutaan rupiah.

berikut adalah banner dari aplikasinya, 


saat saya posting ini, tampilan aplikasi berubah, kecuali banner ini, penipu tampak niat dalam hal aplikasi, namun sangat lemah dari sisi CS diawal, karena logatnya khas penipu dan terbata2, wkwkwkkw.

kemungkinan besar setelah postingan ini sy up, aplikasi mereka akan ubah nama, mungkin ubah domain juga dengan modal yg ada.

Tolong Share postingan ini jika dirasa bermanfaat agar tidak ada yg tertipu dengan modus serupa, dan semoga penipu dapat tertangkap segera, gatau pakai ilmu apa, suara penipunya sih udah brp tahun lalu hubungi saya juga dengan modus berbeda, wkwkwkwk









0 komentar:

Posting Komentar

ATDS Creativemedia © | ATDS Articles