Sekilas Java Applet


Java Applet adalah sebuah program pendek yang ditulis dengan java (tidak JavaScript) yang terpasang ke halaman World Wide Web dan dieksekusi oleh mesin browser. Sering digunakan untuk aplikasi web yang rumit.
Java applet berjalan pada kecepatan sangat cepat dibandingkan dengan, tetapi umumnya lebih lambat dari, bahasa dikompilasi lain seperti C + +, tapi sampai kira-kira 2011 kali lebih cepat dari JavaScript Selain itu mereka dapat menggunakan akselerasi 3D hardware yang tersedia dari Java.. Hal ini membuat applet cocok untuk visualisasi non-sepele, perhitungan intensif. Sebagai browser telah mendapatkan dukungan untuk hardware grafis asli dipercepat dalam bentuk kanvas dan WebGL, serta Just in Time dikompilasi JavaScript, perbedaan kecepatan menjadi kurang terlihat.
Fungsi Java Applet sendiri yakni membuat halaman web manjadi lebih dinamis, sama dengan fungsi aplikasi lainnya yang diletakkan dalam halaman web, namun Java Applet dan Aplikasi Java memiliki perbedaan yakni jika pada aplikasi java biasa, kita membutuhkan java yang telah terinstal baik dalam PC maupun device kita yang kita jalankan melalui command prompt, sedangkan pada java applet hanya membutuhkan browser yang dapat menjalankan aplikasi java.

Untuk Membuat Java Applet dibutuhkan sebuah halaman HTML yang memanggil applet tersebut. dengan menggunakan tag HTML <applet> </applet> sebagai berikut:
<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Hello Applet </TITLE>
</HEAD>
<BODY>
Aplikasi Java Applet
<APPLET CODE="JavaApplet.class" WIDTH=200 HEIGHT=30></APPLET>
</BODY>
</HTML>
Pada Coding diatas memanggil file JavaApplet.class yang telah kita buat sebelumnya.
import java.awt.Graphics;
public class JavaApplet extends  java.applet.Applet {
public void paint(Graphics g) {
g.drawString ("Ini contoh sederhana applet, Hello! ",5, 25);
} }
Keamanan Penggunaan Java Applet pun dipertanyakan, karena ini merupakan pintu gerbang yang terbuka lebar bagi pembuat virus. Jika Kita berselancar di dunia maya tanpa sebuah Antivirus maka ancaman virus mudah sekali mengancam para peselancar dunia maya itu tadi, Java Applet yang diakses dengan Web Browser sehingga browser langsung menjalankan aplikasi Java Applet tadi, jika pada aplikasi java applet tadi tersisipi code virus, maka otomatis langsung bekerja virus tersebut. Untuk masalah keamanan Java Applet sendiri, Java Applet telah mengalami perubahan yang cukup banyak sejak versi pertamanya. Java Applet versi 1.0 menggunakan sistem keamanan yang applet restricted, yaitu applet tidak dapat mengakses sumber daya lokal untuk menjamin keamanan di komputer pengguna. Java Applet versi 1.1 dan 1.2 sudah diperbolehkan untuk mengakses sumber daya lokal seperti hardisk, hubungan port, dan sistem komputer. Pada versi 1.2, Java Applet menggunakan priviledge service untuk mengatur prioritas tiap-tiap applet yang dijalankan. Jadi, sebuah applet dapat mempunyai hak-hak tertentu yang digunakan untuk mengakses sumber daya lokal.

1 komentar:

ATDS Creativemedia © | ATDS Articles